Hari ini : 18 Apr 2014 | 08:12:00 WITA
rssyoutubetwitter facebook
Kategori : Bali Update(Pemkot Denpasar)
Oleh : Humas   |   Tanggal : 22 - Sep - 2013 22:01:20
WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Membuat Canang Sari dan Kuwangen
"Diikuti kurang lebih 40 orang dari kalangan ibu-ibu PKK "
Denpasar (beritadewata.com) - Setelah menggelar pelatihan cara berhias yang benar di Desa Tegal Harum Denpasar Barat beberapa waktu yang lalu, WHDI Kota Denpasar kembali menggelar pelatihan membuat Canang Sari dan Kuwangen bagi ibu-ibu PKK di Kecamatan Denpasar Selatan. Pelatihan ini di buka Wakil Ketua WHDI  Kota Denpasar IA. Nyoman Swamini di aula kantor Camat Denpasar Selatan, Sabtu, (21/9).

Meningkatnya aktivitas masyarakat Kota Denpasar dalam kesibukan sehari-hari baik dalam bidang bisnis maupun perkantoran sehingga mengakibatkan masyarakat tidak sempat lagi untuk membuat canang dan kuwangen. Untuk mencari jalan gampangnya masyarakat kini cendrung membeli canang dan kuwangen yang sudah jadi. Disamping lebih praktis juga lebih ngirit dari segi waktu. Tak pelak fenomena ini dimanfaatkan para pedagang canang yang memanfaatkan situasi untuk untuk menangguk rejeki. Sayangnya banyak para pedagang canang yang belum mengerti makna dan filosofi serta kelengkapan dari canang tersebut, bahkan parahnya banyak pedagang canang yang justru dilakoni orang luar (baca non hindu) yang berdagang canang sehingga tidak mengetahui filosofi dari elemen-elemen dan isi dari canang tersebut.

Untuk memberikan pemahanan dan pengetahuan dari masyarakat khusunya ibu-ibu  tersebut Wanita Hindu Darma Indonesia (WHDI) Kota Denpasar mengadakan Pelatihan bagi ibu-ibu PKK  se Kecamatan Denpasar Selatan. Pelatihan ini diadakan, untuk memberikan pemahaman makna dan filosofi serta bagaimana membuat canang sari dan kuangen yang sesuai dengan sastra agama. Pelatihan ini  diikuti  kurang lebih 40 orang dari kalangan ibu-ibu PKK dengan menghadirkan pembicara Dra. Ni Wayan Sukerti yang juga Ketua WHDI Kecamatan Denpasar Selatan.

Wakil Ketua WHDI Kota Denpasar IA. Nyoman Suwamini mengatakan kegiatan pelatihan canang ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahanan bagi-bagi ibu-ibu PKK  sehingga canang/banten yang dibuat harus sesuai dengan filosofi Hindu dan sesuai dengan sastra agama. Dia melihat saat ini ibu-ibu atau masyarakat membuat canang tidak mengetahui makna dan filosofi sehingga asal buat.  Kami sebagai organisasi yang bergerak di bidang keagamaan merasa terpanggil untuk memberikan pemahanan yang benar terhadap filosopi dan kelengkapan upakara menurut sastra agama dan masyarakat harus memahami filosofi yadnya sehingga tidak asal buat, tegas Suwamini yang juga Guru SMAN 4 Denpasar ini. Sementara Ni Wayan Sukerti memberikan pelatihan bagaimana cara membuat canang sari dan kuwangen dengan baik dan benar.

Selebihnya dia mengatakan  pelatihan ini akan dilanjutkan keseluruh kecamatan yang ada di Kota Denpasar, sehingga nantinya ibu-ibu PKK dan masyarakat  yang ada di Kota Denpasar mendapat pelatihan.


Dibaca 1975 Kali
Berita Terkait
Gianyar
13 - Apr - 2014
Lomba Anjing Sehat, Tekan Kasus Rabies
BERITA LAINNYA 
IT Phone
16 - Apr - 2014 : 12:11:00
Komentar | Dibaca 776 Kali
IT Phone
16 - Apr - 2014 : 11:06:00
Komentar | Dibaca 778 Kali
IT Phone
16 - Apr - 2014 : 11:03:00
Komentar | Dibaca 950 Kali
Seni & Budaya
14 - Apr - 2014 : 12:56:54
Komentar | Dibaca 1204 Kali
Jendela Pendidikan
14 - Apr - 2014 : 10:53:29
Komentar | Dibaca 2399 Kali
Jendela Pendidikan
14 - Apr - 2014 : 10:38:00
Komentar | Dibaca 2124 Kali
LOGO & BROSUR  
Sekilas Berita Dewata

Sebagai salah satu situs berita yang lahir di Bali. Dengan motto "Jendela Pulau Bali", Berita Dewata berusaha memberitakan hal-hal menarik yang terjadi di Bali.
Kami juga akan terus berusaha menayangkan berita seaktual mungkin, sehingga pembaca tidak hanya memantau kondisi Bali dari menit ke menit, namun juga akan menambah wawasan anda tentang Pulau Dewata yang sangat kita cintai.
Sebagai portal berita yang mengikuti perkembangan teknologi terkini, www.beritadewata.com bisa diakses melalui handphone juga tampil dalam format iPad dan akan terus tumbuh mengikuti teknologi yang ada.
Penerbit :
CV. Soca Artha Buana


Alamat Redaksi :
Jl. Kebo Iwa Selatan No. 8, Padang Sambian Denpasar, Bali.
Telpn: 0361- 7446525 - Hotline : +6285 337 456 217
Email: redaksi@beritadewata.com - marketing@beritadewata.com
follow Berita Dewata :




CopyRight @2011 web & design by beritadewata.com